Call Our Number: 081804151343

Ayam Aduan Batu Lapak


Rambat
Batu Rantai
Ciri-ciri Ayam Batu Lapak:

  1. Tinggi badan rata-rata pendek-sedang
  2. Postur tubuh tegap
  3. Kepala Mirip Ayam kampung biasa tanpa gember jengger biasa bukan jengger wilah
  4. Bulu tumbuh subur/lebat di seluruh bagian tubuh,yang berbulu pastinya...,terutama sayapnya yang panjang dan berlapis, bulu bagian belekang sayap atau pelapisnya menghadap keatas seperti menelungkup "(||)".Ekor lebat-rapat,panjang dan lurus mengarah rata dengan punggung ayam terkadang sebagian ujung ekor melengkung ke atas sedikit.
  5. Kaki mblimbing,sisiknya membentuk sudut/tidak bulat,jalunya renteng dan biasanya keplek atau tidak cepat tumbuh memanjang dan ukurannya besar/lebar sebagian tidak tumbuh jalu(ada seperti jalu tapi sedikit menonjol dan menempel melebar di kaki) .Ceker(jari-jari kaki) tidak terlalu lebar,sisik sperti sisik buaya terlihat meruncing pada bagian tengah sisik dari pangkal sampai ujung jari,dan biasanya kukunya kalau dibiarkan panjang tidak akan melengkung kebawah melainkan tetap tumbuh lurus terkadang ada yang melengkung sedikit keatas.
  6. Nah ini yang paling unik dari jenis aym petarung di indonesia bahkan mungkin di dunia, pada bagian telapak di ke-empat jari kaki/telapak kaki terdapat sisik(seperti kita melihat ular pada bagian perut terdapat garis-garis sisik)yang hampir sama pada bagian muka jari yaitu saling bertumpuk dari ujung jari-telapak/tumit/tungkak kaki-menyambung keatas sampai ujung paha. artinya menyambung dengan sisik batang kaki bagian belakang.

Kesimpulannya kalau buat pajangan ayam jenis ini benar benar cocok. Pemilik tidak akan bosan-bosan memandang ayam yang akan terlihat gagah dengan badannya yang tegap dan bulu yang rapi dan lebat dengan warna yang mengkilap dan tampilan yang terlihat garang pada kaki menggambar kan sesosok jagoan yang berkuasa di tanah jawa hwaaa...haa....haaaaa(menyeramkan!!).


Kalau buat di adu.... katanya sih pukulannya mematikan....memang kalau ayam saya yang baru trah Rambat/ batu rantai(*1.trah pembawa gen lapak tetapi bedanya sisik di jari kaki tidak setebal dan sepanjang lapak/tidak sampai telapak kaki/tumit/tungkak terkadang hanya satu/dua jari yang bersisik) pukulannya lebih keras dibandingkan dengan yang tidak(saya mengawinkan jago non rambat dengan babon rambat dan menghasilkan anakan rambat dan tidak rambat setelah dewasa dibandingkan,pukulan anakan rambat lebih keras daripada anakan non rambat atupun jago indukan yang non rambat tadi).Yaah..ini sih hanya penilaian saya ,ya.. jadi jangan pada ngoceh/marah kalau ada yang menemukan sebaliknya atau tidak ada bedanya, semua tadi hanya berdasarkan pengalaman 3thn saya dan ayah saya yang sdh 20thn berternak ayam jenis ini dan belum bergeming untuk pindah ke model bangkok asli / yang lain.boleh di bilang sudah terlanjur jatuh cinta(wedeeh..ama ayam kok cinta ya.. wedeh..wedwh).Nah yang pukulan batu rantai/rambat saja sudah keras apalagi yang lapak. Ya.... bisa saja malah mlempem atau mungkin itu hanya sebagian saja.

Nah akhirnya itulah yang bisa saya sampaikan, saya bukan peneliti/ahli/akademisi, saya bukan mahasiswa jurusan peternakan yang sedang melakukan penelitian, dan bukan juga pebotoh. informasi yang saya tulis diatas murni saya dapatkan dari pengalaman semata dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau dari segi keilmuannya, sehingga jika tulisan saya ini ada kesalahan baik dari isi dan informasi atau kata-kata yang menyinggung saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

*1)Pengalaman lagi: Saya blm punya ayam batu lapak, tetapi saya punya pejantan rambat/batu rantai, dari penjantan tadi saya memperoleh anakan betina rambat hasil dari indukan betina non rambat,setelah anakan dewasa saya mengawinkan dengan pejantan rambat di awal memang seharusnya tidak baik kata orang-orang, tapi hasilnya keluar satu dari sekian anak(saya lupa berapa)seekor anakan betina batu lapak(jreng..jreng!!!)memang agak cacat sih... tubuh nya mini banget...tapi Lapak.jadi menurut kesimpulan saya semata batu rantai membawa gen batu lapak juga.sekali lagi ini tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

7 komentar:

  1. Saya salut dengan kerendahan hati anda, saya sefaham dengan anda (mungkin krn sama2 bukan ahli atau sarjana peternakan (sbb saya sarjana sosial), atau mungkin sama2 bukan bebotoh, tp lama sy favorit dng Batu Rante, dan pernah punya Batu Lapak dengan ciri2 spt diatas

    BalasHapus
  2. No. Hp nya Dung!Kalo keluar Batu Lapak lagi bagi2 Dung, Please!

    BalasHapus
  3. Batu lapaknya blm ada, nanti kalau ada tinggal chek aja disini pasti saya post+gambarnya.atau kalau mau lihat koleksi saya yang lain di sini http://sumarjana-farm.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Saya gak tau apa batu lapak apa batu rante, tapi ayam babon saya dijari kakinya ada sisiknya semua jari dan bahkan ditengah telapak kakinya, saya punya harapan besuknya ada anakannya yang jantan dan persis dengan induknya karena saya juga penasaran dengan cerita cerita orang tentang batu lapak/batu rante, sekarang sudah ada anakanya baru berumur 2minggu, mudah2an jantan dech......!!!

    BalasHapus
  5. wah...cocok banget infonya mas!gua di rumah punya 1 pejantan lapak yg ternyata memang pukulannya mengerikan seperti ketimpa godam.Jauh lebih dahsyat dari yg batu rante,joss!

    BalasHapus
  6. bisa minta alamat lengkap dan number hp nya mas...?
    085758672107

    BalasHapus
  7. Serius Hub Bang Umar : 082131810836
    yang punya batu lapak dan batu rantai

    BalasHapus

Mudahnya berbelanja, pesan dan bayar di tempat

About

Contact Details