Call Our Number: 081804151343

Manfaat Tanaman Wijen

  Biji wijen dapat dijumpai dengan mudah pada kue onde-onde atau roti gambang. Wijen juga sering ditaburkan di atas makanan dan sayuran, serta menjadi bahan baku minyak wijen.

  Biji wijen yang sering digunakan jadi bahan kue itu berbentuk biji-biji kecil pipih dengan ujung meruncing. Di beberapa daerah, wijen dikenal dengan nama lengong (NAD), lenga (Batak), wijen (Sunda-Jawa), dan lain-lain. Sementara di Cina, wijen dinamai zhe ma.


  Wijen (Pedaliaceae) merupakan tumbuhan herba yang tingginya mencapai 1 - 1,5 meter. Tumbuhan yang berasal dari Afrika Tropis ini dapat tumbuh pada ketinggian 1-1.000 meter di atas permukaan laut. Letak daunnya saling berhadapan, bertangkai panjang, dan lebih sempit. Bunganya tertancap di antara dua kelenjar, bertangkai pendek, dan warna bunganya putih atau ungu. Mahkota bunganya berambut dan berlendir seperti kelopaknya. Bunganya berbentuk tabung yang membengkok ke bawah. Buahnya berambut lebat, berbentuk segi empat tumpul panjang. Satu buah bisa berisi lebih dari 50 biji. Baik dalam bentuk bijinya maupun minyak, wijen memiliki aroma khas yang wangi. Selain sebagai pencampur makanan, wijen juga mengandung khasiat obat.

  Menurut Prof HM Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia, wijen berkhasiat memperbanyak air susu ibu (lactagoga) dan mencegah kanker dan penuaan. Khasiat wijen didapat dari kandungan zat-zat kimia yang diketahui lewat sejumlah penelitian. Beberapa zat yang ada dalam wijen antara lain gliserida (asam oleat, linoleat, palmitat, stearat, miristinat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedaliin, planteose, sitokrom C, protein, prantosa, vitamin A, B1, dan E. Wijen banyak kegunaannya. Bisa untuk pencegahan, pengobatan, dan perawatan. Untuk preventif wijen berkhasiat mencegah kerontokan rambut, penuaan, kanker, penyakit degeneratif, rambut beruban, stroke, hipertensi, dan lain-lain. Untuk pengobatan, wijen dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit batuk, katarak, sakit perut-diare, sakit kepala, kencing nanah, kencing manis, sembelit, beser (sebentar-sebentar kencing), rematik, dan luka-luka.

  Khasiat Wijen, Cegah Stroke Dan Penuaan - Tingkatkan Kecerdasan Ditulis oleh Fina Senin, 14 Juni 2010 09:23 -

  Wijen juga berkhasiat merawat dan meningkatkan fungsi lever, kecerdasan, stamina, dan menghitamkan rambut. Untuk fungsi-fungsi tersebut wijen dimasak bersama campuran bahan lain, lalu dimakan secara rutin. Misalnya, untuk mencegah penuaan, biji wijen dicampur kacang merah kecil (Phaseolus angularis Wight), dan gula merah dibuat bubur dan dimakan. Biji wijen yang ditaburkan di atas makanan atau sayuran berkhasiat memperbanyak ASI dan mencegah rambut beruban. Yang dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati penyakit degeneratif berbentuk minyak. Minyak itu digunakan untuk menumis sop atau masakan yang dikonsumsi oleh penderita. Untuk tekanan darah tinggi biji wijen kering dibuat bubuk, lalu diseduh dengan air panas, dan diminum. Bisa juga bubuk wijen itu direbus, dan air saringannya diminum 2-3 kali sehari.

Wijen

  Bagaimana kalau mulai sekarang kita lebih rajin memanfaatkan wijen t dalam makanan sehari-hari? Taburkan wijen sangrai dalam sup, salad, tumisan, bahkan kolak. Tak soal apakah itu wijen putih atau wijen hitam. Hanya saja, wijen hitam lebih kaya senyawa mineral mikro, terutama seng dan mangan, yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan jaringan kolagen gusi.

  Mengunyah wijen memiliki efek pembersihan terhadap plak gigi dan merangsang pembentukan email gigi. Wijen kaya mineral kalsium, yang membantu melindungi tulang sekitar gigi dan gusi. Masih banyak orang yang tidak mengetahui begitu bermanfaatnya biji wijen terhadap kesehatan, padahal kualitas protein, vitamin B dan Kalsium yang dikandungnya begitu luar biasa. Setidaknya pada 100 mg biji wijen terkandung kalsium 1125 mg jika dibandingkan dengan 2 gelas susu sapi segar yang hanya mengandung 600 mg kalsium.

  Seperti yang dituliskan, Myra Sidharta dan Suryatini N Ganie dalam buku “Dapur Naga di Indonesia” dituliskan buku wijen merupakan sumber asam amino esensial, yakni salah satu jenis asam amino yang harus didatangkan dari luar tubuh manusia.

  Keutamaan kandungan protein pada biji wijen menjadikannya sebagai pengganti susu, telur, daging dan protein kedelai. Keutamaan lain, biji wijen juga mengandung substansi lain yang dikenal dengan vitamin T. Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin T penting dalam mempertahankan stabilitas dan kesehatan limfa. Penggunaan wijen dengan bahan lain juga berkhasiat. Misalnya, untuk mencegah penuaan, biji wijen jika dicampur dengan kacang merah kecil dan gula merah dibuat bubur atau dimakan. Bila wijen ditaburkan diatas makanan dan sayuran akan berkhasiat melancarkan asi dan mencegah rambut beruban. Kemudian untuk masalah degeneratif yang dimanfaatkan adalah minyak wijen. Wijen juga mengatasi sembelit, eksim, kolesterol tinggi.

  Khasiat Wijen, Cegah Stroke Dan Penuaan - Tingkatkan Kecerdasan Ditulis oleh Fina Senin, 14 Juni 2010 09:23 -

  Biji wijen mengandung kalsium, asam lemak esensial, mangan, tembaga, juga vitamin B1 dan E. Terkandung juga antioksidan kuat yang disebut lignan, yang bersifat antikanker dan fitosterol yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Wijen berguna dalam menjaga pencernaan agar tidak sembelit dan memerangi eksim. Biji wijen bisa disajikan bersama aneka rupa makanan, seperti roti, kue, salad, dll. (fn/gz/cbn/mc/km) www.suaramedia.com

1 komentar:

  1. Biji wijen ternyata bisa mencegah penuaan dan kanker. terimakasih infonya.

    BalasHapus

Mudahnya berbelanja, pesan dan bayar di tempat

About

Contact Details